7 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang Seorang Aries


 


Tema BPN 30 Day Ramadan Blog Challange adalah tentang penulis. Wah pas banget pikirku, ini adalah bulannya Aries (termasuk aku) jadi kayaknya kalau aku bahas tentang diriku, para Aries lainnya mungkin juga menggangguk-angguk, hehe. Aries yang lahir pada 21 Maret - 19 April ini terkenal sebagai natural born leader, alias terlahir sebagai pemimpin. Katanya gitu. 


Faktanya? yuk simak fakta si kambing domba dari sudut pandang penulis


Strong outside, fragile inside

Fakta pertama adalah kata orang, aku kuat. Iya tahan banting banget. Poin ini aku super setuju, aku tipikal nggak gampang nangis kalo dimarahin, nggak takut berhadapan dengan orang (meski aku ya punya juga rasa malu / sungkan) tapi cenderung lebih suka menghadapi orang daripada menjauhinya.

Dulu, teman segenk-ku selalu menunjuk aku saat kelompok kami harus maju presentasi, atau bertanya pada dosen, atau hal lain yang sekiranya membuat orang lain enggan tampil. Aku? dengan sok percaya diriku, maju kebablasan, hahaha. Maksudnya maju pantang malu. Memang aku merasa diriku lebih suka jadi pusat perhatian orang, suka ditanya, suka dikepoin. Meski, aku nggak suka ngepoin orang lain.

Aku merasa aku kuat mental, karena semakin aku ditempa, aku akan seperti keris yang semakin tajam dan bermanfaat. Jadi ingat 3 tahun masa kuliah, kami semua ditempa dengan disiplin yang luar biasa ketatnya. Beberapa temanku nangis karena tak tahan dengan aturan-aturan yang ada, beberapa diantaranya bahkan mengundurkan diri jadi mahasiswa. Aku? enjoying the moment. Kata orang sunda mah, hayu wehh mau dimarahin mau dibentak atau apapun, aku nggak takut.

Setelah lulus, aku bekerja di tempat yang aku merasa sebagai minoritas. Takut? nggak. Tapi pernah sempat mau resign di hari ketiga. Tapi bukan aries namanya kalau nggak suka tantangan. Ternyata keberanianku membuat aku dikenal banyak orang di kantor itu, disukai, dan tentu saja itu salah satu kekuatan yang membuatku bertahan diantara banyaknya tekanan dan ketidaknyamanan.

Aries kuat dan berani, meski hatinya seperti hello kitty. Jangan salah, aku ini gampang nangis, cengeng, untuk hal-hal yang berbau empati. Aku bisa menangis semalam suntuk melihat anak kucing terjebak di selokan, atau membayangkan bagaimana para kuda delman itu harus berdiri berjam-jam setiap hari, mengantarkan penumpang berkeliling sampai kelelahan (dan beberapa mungkin, mati).

Ah sudah, aku tak ingin melanjutkan cerita ini. Sesak di dada. Intinya meski kami terlihat kuat di luar, dalamnya lembut nan rapuh.


Complicated

Iyaaa, teman-temanku bilang aku ini orangnya ribet, terlalu detail, riweuh kalau kata orang Sunda mah. Mungkin karena aku perfectionis, semuanya harus in line dan sesuai rencana. Bukan berarti aku mendahului takdir, tapi aku hampir tak pernah berjalan tanpa sebuah rencana. Bagaimana tidak, sekedar pergi ke mall saja aku membuat itinerary dalam hati. 


"Aku mau ke mall naik angkutan umum, turun disini, nanti pertama aku ke toko A, habis itu makan di food court, pokonya pulang sebelum jam sekian". 

gitu juga nggak sih para aries lainnya?


Layaknya sebuah perjalanan besar yang memiliki itinerary, soal hidup juga aku berusaha mempunyai susunan apa-apa saja yang harus aku capai, rencana penggantinya jika rencana awal mengalami kendala. Nggak heran aku sering dibilang ribet sama keluarga dan temanku. Ya memang aku akan memastikan rencanaku berjalan sesuai dengan apa yang aku harapkan. Mungkin karena ini juga aku terlihat sibuk sebelum memulai suatu perjalanan, seperti jangan sampai ada yang terlewat, terutama poin-poin kecil.

Apakah aries lain ada yang suka membuat list di kertas kecil?
sebagai panduan agar semuanya purrrrrrfect !


Logical Person

Tak hanya perfectionis, kami para aries juga lebih mengedepankan logika daripada galau belaka. Nggak ada tuh urusannya sama bucin, baper-baperan, hahaha, ini sih pengalaman aku. Aku nggak terlalu memusingkan omongan orang, daripada itu aku lebih menyukai membungkam semuanya dalam hasil.

Mungkin karena semua hal dipikir sesuai logika dan masuk akal, maka seringnya kami dianggap cocok sebagai pemimpin. Katanya keputusan yang kami buat seringkali tidak mengedepankan ego (meski beberapa kali kami terlihat egois). Nyatanya .. ?


Iron willed

Kami tidak egois, kami hanya berkemauan keras. Karena kami memiliki rencana yang sudah tersusun rapi dalam neuron-neuron di otak, maka kami berusaha mewujudkannya dengan sungguh-sungguh. Seringkali juga jadi terlihat egois karena kami mengedepankan pendapat kami untuk disetujui, hahaha.

Terkadang sifat egois kami ini membuat kami jadi tidak mudah larut dalam perasaan, atau berprasangka buruk pada orang. Aku merasa diriku sedikit beruntung, karena keegoisanku, aku jadi tidak mudah dimanfaatkan orang lain. Beberapa orang terlihat sungkan pada aries karena mereka juga berwatak keras dan katanya "pemarah" benarkah?



diambil dari pinterest



Grumpy

Soal emosi, aku akui aku mudah marah. Marah pada hal-hal yang sifatnya "ini bukan gue banget" misalnya tentang janji. Aku tipe orang yang kalau sudah janjian, ya berusaha tepat waktu, dan tidak bertele-tele. Ada yang ngaret? hm, aku berusaha sekuat tenaga untuk melawan jiwa ariesku yang "kenapa telat sih?".

Aku paling nggak suka kalau orang menganggap suatu hal kecil itu justru diremehkan, karena menurutku, hal yang besar berawal dari hal kecil yang dibiasakan. Benar nggak?

Aku seringkali marah (bukan tanpa sebab ya) tapi bisa jadi karena salah paham hal kecil, lalu jadi membesar karena seringkali aries terbelenggu dalam prinsipnya sendiri. Kurang fleksibel gitu? ya bisa dibilang begitu. Apa yang sudah tertanam dalam diri ini seringkali nggak bisa diganggu gugat. Itulah kenapa kata teman-temanku aku gampang marah.

Dan jangan salah, aries lebih suka menumpahkan kekesalannya di waktu yang sama (bukan di waktu yang tepat, hahaha). Karena bagiku menunggu kepala dingin itu menyesakkan dada. Meski pada akhirnya kami tak ragu untuk maju meminta maaf. Habis itu, rasanya seperti tidak ada masalah lagi (nggak tahu deh gimana perasaan lawan saat aries marah-marah). Kami kan domba ya, bukan singa.


Independent

Dari semua sifat aries yang terkenal "garang" kami juga mandiri lho. Jangan salah, sifat aries yang pemberani, tidak takut kalah, sedikit egois, dan mungkin galak ini membuat kami jadi terlihat mandiri. Ada yang mengatakan "kenapa begitu percaya diri jalan-jalan sendiri ke tempat keramaian?" aries akan jawab "hey kenapa? aku lebih suka mengatur diriku sendiri daripada diatur untuk acara selanjutnya".

Awalnya aku melihat ah apa aries semandiri ini? nyatanya i....ya.

Aku sering bepergian seorang diri, dan ternyata aku menyukainya. Bukan soal introvert atau ekstrovert, tapi memang tidak diatur itu menjadi kebebasan yang menyenangkan bagi kami. Teman-teman dekatku tidak banyak, ada beberapa tapi lebih berkualitas (menurutku) daripada banyak tapi menghilang saat kita butuh.


Phlegmatic

Itulah mungkin yang menyebabkan aku tidak memiliki banyak teman. Aku merasa diriku "masa bodoh" dengan kepentingan orang lain. Prinsipku, selama aku tidak dicolek ya aku akan biasa saja, tidak terlalu peduli.

Meski demikian, soal empati, jangan diragukan. Fragile inside aries membuat empatinya terus berjalan. Soal sosial kami memang tak tampak diluar, tapi kami menjalaninya secara sembunyi-sembunyi hingga hanya aries, Tuhan, dan yang bersangkutan yang tahu. Eaaaa.


Nah, itulah 7 fakta tentang aries versi diriku yang juga seorang aries. Benar tidaknya aku hanya menceritakan versi teman-teman karibku memandang aku sebagai sosok yang menyebalkan tapi dikangeni (PD banget ya, hihi). Karena menurutku tak santun bila kita menilai diri sendiri yang sifatnya subjektif.




Terima kasih sudah membaca, jangan lupa mampir ke instagramku












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pizza Merakyat, the one and only Pizza in Purworejo

Sejarah Budaya Lomba 17-Agustus-an dan Pelestariannya Untuk Anak Generasi Pandemi

Pengalaman Pertama Masak Praktis Bersama Halofudi